

Pada peneltian selanjutnya, peneliti tertarik untuk mengembangkan materi pembelajaran matematika SMA kelas XII pokok bahasan program linear yang ditempatkan pada media website dengan memberikan animasi dan latihan interaktif menggunakan Software Macromedia Flash 8.0.

Selain itu, pada penelitian Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers yang dilakukan oleh Zulkardi (2002) menunjukkan bahwa media website dapat membantu dan mempermudah mahasiswa pendidikan matematika dalam mempelajari pendekatan Pendidikan Matematika Realistis karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun mereka inginkan. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan media komputer dalam pembelajaran geometri dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan suatu usaha mengembangkan media pembelajaran geometri yang menggunakan software Macromedia Flash MX 2004 dan Microsoft Powerpoint 2003 yang dilakukan oleh Utami (2007). Agar materi tersebut menarik sehingga memotivasi peserta didik belajar mandiri, maka materi dikembangkan menggunakan teknologi informasi komunikasi dengan menempatkannya pada media website yang terkoneksi dengan internet yang mana manfaat media dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan (Kemp & Dayton dalam Arsyad, 2003). Dikarenakan hal tersebut, perlu dilakukannya suatu usaha untuk merancang materi pembelajaran khususnya pelajaran matematika. Sayangnya, konten yang tersedia belum memadai (Saragih, 2007). Untuk mendukung proses pembelajaran ini, Depdiknas membangun backbone Jejaring Pendidikan Nasional, atau populer dengan istilah Jardiknas. Sejalan dengan diterapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dimana materi pelajaran yang disampaikan disesuaikan dengan kondisi peserta didik, maka peran guru sangat menentukan dalam proses pembelajaran (Riana, 2007) Saat ini, Depdiknas telah mengem- bangkan pembelajaran melalui internet. Internet dan software computer dapat digunakan sebagai alat pengajaran untuk mengeksplorasi, menyelidiki, menyelesaikan masalah, berinteraksi, merefleksi, bernalar, berkomunikasi, dan belajar banyak konsep yang sesuai kurikulum sekolah. Furner, et al (2008) menyatakan bahwa salah satu strategi untuk mengajar matematika yang dapat mencapai seluruh siswa adalah dengan mengakses internet dan menggunakan software matematika. Hal ini tergantung pada gurunya dalam menyampaikan matematika sebagai suatu aplikasi yang menarik (Edge, 2008). NO.2, JULI-DES 2008 Pembelajaran matematika dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi setiap siswa. 1 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika PPS UNSRI 2 Dosen Program Studi Pendidikan Matematika PPS UNSRI 47Ģ JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, VOLUME 2. Pemilihan materi yang sesuai dengan media yang ditentukan merupakan langkah awal yang penting, disamping pemaparan yang mudah dicerna, serta memungkinkan peserta didik dapat mencapai tingkat penguasaan secara mandiri (Universitas Terbuka, 2006). Kata kunci : Pengembangan, Media, Website, Program Linear PENDAHULUAN Berkembangnya ilmu dan teknologi telah membawa perubahan pada learning material atau materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan prototype media website yang ketiga merupakan disain yang efektif ketika digunakan pada saat pembelajaran dengan 71,79% siswa Termotivasi 61,54% siswa mempunyai sikap Tertarik, dan hasil belajar siswa yang mencapai 51,28% masuk dalam kategori Baik Sekali, sehingga dapat disimpulkan bahwa website yang peneliti kembangkan efektif digunakan pada saat pembelajaran matematika. Untuk melihat keefektifannya, peneliti melakukan uji pakar dan uji coba ke lapangan dengan indikator bagaimana motivasi, sikap, dan hasil belajar siswa. Media ini dikembangkan melalui empat tahapan, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap perancangan, tahap evaluasi, dan tahap revisi.

Responden penelitian ini adalah para siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. 1 PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Muhammad Win Afgani 1, Darmawijoyo 2, Purwoko, M.Si 2 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah website dengan konten program linear.
